Tugas Akhir Modul 2 Tentang Kompetensi Guru PPG Daring

Tugas Akhir Modul 2 Tentang Kompetensi Guru PPG Daring

File Catatan Guru- Pendidikan Profesi Guru(PPG) yaitu program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapakan lulusan S1 atau D/IV kependidikan non PGSD dan S1 Psikologi yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan sekolah dasar.

Untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang profesional bapak/ibu guru perlu melaksanakan program PPG.Program ini merupakan rancangan dari pemerintah yang bekerja sama dengan LPTK yang ada di Indonesia.Dalam melaksanakan PPG bapak/ibu guru harus melaksanakan Program yang nama nya Daring(Dalam Jaringan) yaitu kalau di kuliah UT namanya pembelajaran Jarak Jauh(PPJ) yaitu suatu bentuk pembelajaran antara guru dengan dosen pembimbing yang dilaksanakan lewat jejaring internet tanpa harus ketemu langsung.
Tugas Akhir Modul 2 Tentang Kompetensi Guru PPG Daring
Tugas Akhir Modul 2 Tentang Kompetensi Guru PPG Daring

Pada pelaksanaan PPG ada beberapa modul yang harus bapak/ibu guru pelajari serta ada beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh bapak/ibu guru.Pada modul PPG yang dilaksankan oleh pemerintah terdapat 6 Modul yang berisi materi pembelajaran,video pemeblajaran,serta tugas formatif serta sumatif yang wajib dikerjakan oleh bapak/ibu guru.

Pada kesempatan yang lalu kami telah membagikan beberapa bentuk tugas Akhir Modul pembelajaran 1 yaitu tentang Pembelajaran abad 21.Tugas akhir pada modul 1 adalah bapak/ibu guru disuruh untuk membuat kerangka pembelajaran abad 21 yang berisi tentang strategi pembelajaran,media,metode serta penilaian atau evaluasi abad 21.

Bagi rekan guru yang belum mengunduh tugas akhir Modul 1 PPG tahun 2019,kami persilahakan Download Di Sini

Kegiatan pembelajaran Modul 2: Pengembangan Profesi Guru ini dilakukan secara daring dengan konsep Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dosen dan peserta PPG tidak bertemu secara tatap muka langsung (face to face).

Media pembelajaran yang disediakan pada setiap Kegiatan Belajar ada di bagian MATERI, yang terdiri dari:
  • modul digital
  • video pembelajaran atau animasi
  • media presentasi
  • sumber bacaan lain

Pertama-tama, Ibu/Bapak harus mempelajari semua media pembelajaran secara mandiri. Apabila ada materi yang belum dipahami, silakan bertanya melalui FORUM.

Setiap Kegiatan Belajar diakhiri dengan evaluasi yang berupa TES FORMATIF. Apabila nilai tes mencapai 7, Ibu/Bapak bisa melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Jika nilai tes belum mencapai 7, silakan Ibu/Bapak pelajari lagi MATERI Kegiatan Belajar tersebut dan kerjakan lagi TES FORMATIF tersebut, sampai nilai minimal tercapai.

Setiap Modul diakhiri dengan evaluasi yang berupa TUGAS dan TES SUMATIF.   TES SUMATIF hanya bisa dikerjakan 1 kali saja. Persiapkan diri dengan baik sebelum Ibu/Bapak mengerjakan TES SUMATIF.


Setelah mempelajari semua kegiatan belajar, silahkan Ibu/Bapak kerjakan tugas akhir berikut:

1. Rumuskanlah kompetensi guru secara utuh?
2. Menghadapi abad 21 ini keterampilan belajar apa yang harus dimiliki oleh guru dan siswa?
3. Buatlah rancangan strategi pengembangan guru berkelanjutan?

Jawaban diketik dengan menggunakan Ms. Word. Ukuran file maksimal 10 MB.

Berikut ini kami bagikan contoh Modul 2 PPG tentang Rumusan Kompetensi guru secara utuh,keterampilan guru dan siswa dalam pembelajaran abad 21 sertata rancangan strategi pengembangan berkelanjutan.Kami bagikan dalam bentuk Ms.Word sehingga rekan guru bisa mengedit yang sekiranya perlu dibenahi.

Jawaban Tugas Akhir  Modul 2 PPG tahun 2019 tentang Pengembangan Profesi Guru(PPG).Silahan unduh file nya di bawah ini


Demikian materi terkait dengan Tugas akhir modul 2 pengembangan profesi guru.Semoga apa yang kami sampaiakn dapat bermanfaat bagi rekan guru.Pada kesempatan yang akan datang kami bagikan juga Tugas Akhir Modul 3 yaitu tentang Pembuatan makalah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Akhir Modul 2 Tentang Kompetensi Guru PPG Daring"

Post a Comment