Download Juknis Pelaksanaan KSN OSN SMP Tahun 2020

Download Juknis Pelaksanaan KSN OSN SMP Tahun 2020

Olimpiade Sains Nasional yang biasa disingkat OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Peserta OSN (sekarang berganti menjadi Kompetisi Sains Nasional, disingkat : KSN) adalah siswa yang telah lulus seleksi untuk setiap tingkatan, baik itu di Sekolah, Kab./Kota, dan Propinsi. 

Mereka adalah siswa-siswi terbaik di bidang sains yang siap bertarung di bidang studi : Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Lahirnya gagasan KSN sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari upaya Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan danKebudayaan untuk lebih mendekatkan peserta didik pada dunia sains. Melalui sains peserta didik mampu menunjukkan kemampuannya untuk terus berpikir dan merefleksikan peristiwa apa yang terjadi dalam dunia keseharian. Dengan begitu sains dapat mengarahkan dan mendorong anak menjadi peserta didik yang kreatif, sistematis, kritis dan penuh inisiatif. 
Juknis Pelaksanaan KSN(OSN) SMP Tahun 2020
Juknis Pelaksanaan KSN(OSN) SMP Tahun 2020

Dunia sains pula akan mendorong anak-anak Indonesia untuk berlombalomba mengubah dunia menjadi jauh lebih baik, bahkan penguasaan dunia sains akan melahirkan generasi-generasi saintis yang kelak dapat membanggakan sekaligus mengharumkan nama bangsa. Kegiatan KSN dapat menjadi salah satu instrumen untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.



KSN adalah kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, memfasilitasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Sains dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat agar dapat meningkatkan kemampuannya

C. Tujuan

  • Meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religius, intergritas, nasionalisme, mandiri, dan gotong royong.
  • Mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang sains.
  • Menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.
  • Memotivasi sekolah agar berperan aktif dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar bidang sains.
  • Menanamkan sifat kompetitif, kerjasama dan sportivitas yang sehat sejak dini.
  • Menanamkan kesadaran dan keberanian peserta didik untuk mencoba menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal dengan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi dalam bidang sains.


D Tema

“Mengembangkan kemampuan “4K” kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif siswa melalui Sains”



E. Pengertian Kompetisi Sains Nasional SMP
Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang sains bagi siswa SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kab./kota, provinsi, dan nasional.



F. Bidang Lomba
a.Matematika
b.Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
c. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)


Keberhasilan KSN SMP Tahun 2020 ditentukan oleh semua pihak yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraannya. Oleh sebab itu, semua pihak yang terlibat dalam kegiatan KSNini perlu berpartisipasi secara aktif mendukung keberhasilan kegiatan KSN mulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional. Dengan demikian diharapkan KSN 2020 dapat memberi manfaat untuk peningkatan mutu pendidikan di bidang sains serta menghasilkan siswa yang berprestasi pada skala nasional dan internasional, sebagai bagian dari upaya menciptakan generasi emas Indonesia.


Hal-hal lain yang belum tercantum dalam buku petunjuk pelaksanaan ini akan ditentukan kemudian oleh panitia penyelenggara. Menyadari masih banyak kekurangan dalam panduan ini, kami sangat mengharapkan kritik dan saran sebagai bahan masukan bagi perbaikan penyelenggaraan KSN SMP di tahun-tahun mendatang.

Silahkan unduh Juknis Pelaksanaan KSN(OSN) SMP Tahun 2020 di bawah ini:

ATAU


Demikian materi terkait dengan Juknis Pelaksanaan KSN(OSN) SMP Tahun 2020 yang dapat kami bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga bermanfaat bagi rekan guru dan siswa yang akan mengikuti kegiatan lomba OSN/KSN tahun 2020.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Download Juknis Pelaksanaan KSN OSN SMP Tahun 2020"

  1. Video Games Archives - YouTube - Cvn0v0c
    Videos from Vr games are youtube to mp4 the top 10 videos on YouTube. Discover more videos by Vr on Vr gaming and discover more about them.

    ReplyDelete