Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 1 dan 2

Pada kesempatan malam ini,kami akan berbagi materi seputar Rangkuman materi dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 6 SD/MI sebagai langkah awal dalam Persiapan USBN Tahun 2018 yang kami ambil dari pelajaran kelas 4,5 dan 6 dan berbagi sumber buku yang ada di sekolah.Rangkuman Materi isi berisi soal dan cara pengerjaanya yang cepat dan praktis yang sesuai dengan indikator yang ada pada kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2018.
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 1 dan 2
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 1 dan 2 
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 1 dan 2  .- ini sangat membantu bagi rekan guru dan peserta didik dalam hal pemahaan dan pendalaman materi.Karena rangkuman ini bentuknya sederhana tetapi berisi  ringkasan materi yang sesuai dengan kisi-kisi USBN 2018.Bapak/ibu guru tidak perlu membaca buku paket  yang berisi bacan yang banyak karena memerlukan waktu yang lama.Kita hanya mengembangkan ringkasan materi untuk disampaikan kepada peserta didik.


Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi rangkuman materi Ujian Nasional untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat kalian gunakan sebagai bahan belajar untuk menghadapi UN yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Adapun rincian rangkuman materi bahasa indonesia tersebut adalah sebagai berikut.
  • Rangkuman Materi Ejaan
    Pemisahan Suku Kata pada Kalimat
    Penulisan Huruf Kapital
    Penulisan Kata Jadian
    Penulisan Kata Depan, Dari, Di dan Ke
    Pemakaian Tanda Baca
    Pemakaian Tanda Kurung
    Pemakaian Tanda Garis Miring
    Pemakaian Tanda Hubung
    Pemakaian Tanda Pisah
    Pemakaian Tanda Seru
    Penulisan Unsur Serapan
  • Rangkuman Materi Kata
    Kata Berimbuhan
    Kara Ulang (Reduplikasi) Kata Majemuk
    Frase (Kelompok Kata)
    Makna Kata
    Ungkapan
    Sinonim
    Antonim
    Kata Depan
    Kata Benda
    Kata Kerja (Verbal)
    Kata Sifat
    Kata Bilangan
    Kata Ganti
    Kata Hubung (Konjungsi)
    Kata Tanya
  • Rangkuman Materi Kalimat
    Unsur-unsur Kalimat
    Pembagian Kalimat
  • Rangkuman Materi Menyimak
    Mendengarkan Berita
    Mendengarkan Penjelasan
    Mendengarkan Percakapan
    Mendengarkan Pidato
    Mendengarkan Cerita
    Mendengarkan Puisi
    Merangkum Berita, Cermah, Dan Diaolog
  • Rangkuman Materi Membaca
  • Rangkuman Materi Berbicara
  • Rangkuman Materi Menulis
    Menulis Karangan
    Menceritakan Gambar
    Membuat Pengumuman
    Menyusun Daftar Riwayat Hidup
    Menulis Surat Pribadi, Undangan, Dinas, dan Lain-lain
  • Rangkuman Materi Puisi
  • Rangkuman Materi Prosa
Selengkapnya materi persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6,bisa bapak/ibu guru unduh di bawah ini:



Silahkan Baca juga Artikel terkait di bawah ini:
  1. Contoh Indikator Kisi-Kisi Bahasa Indonesia USBN SD/MI Tahun 2018
  2. Contoh Indikator Kisi-Kisi Matematika USBN SD/MI Tahun 2018
  3. Contoh Indikator Kisi-Kisi IPA USBN SD/MI Tahun 2018
Silahkan baca juga materi soal Ulangan Harian serta Media pembelajaran Matematika,IPA dan Bahasa Indonesia kelas 4,5 dan 6 di bawah ini:




  • Media Pembelajaran IPA tentang Bentuk Magnet dan kegunaanya
  • Media Pembelajaran IPA tentang Sistem peredaran darah
  • Media Pembelajaran IPA tentang Sistem Tata Surya
  • Media Pembelajaran IPA tentang Fotosintesis
  • Media Pembelajaran IPA tentang Arus listrik dan rangkaian Listrik
  • Media Pembelajaran IPA tentang alat pernafasan manusia dan hewan
  • Media Pembelajaran IPA tentang perubahan wujud benda
  • Media Pembelajaran IPA tentang Rangka manusia

  • Demikian materi seputar Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 1 dan 2  serta bahan persiapan menghadapi USBN Tahun ini.Semoga materi yang kami bagikan pada kesempatan malam ini bermanfaat bagi peserta didik khususnya pada para guru pada umumnya.

    Subscribe to receive free email updates:

    1 Response to "Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 1 dan 2 "

    1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

      Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

      ReplyDelete