Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018

Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018

Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018Alkahdulillah pada tahun 2018 ini pemerintah membuka kesempatan bagi Guru Wiyata Bakti dan PNS yang berada di naungan Kementerian Agama RI yang belum memiliki sertifikat pendidik untuk bisa mengikuti Program PPG.Program PPG merupakan sistem pendataan Sertifikasi Guru sebagai pengganti dari PLPG.Tapi amat disayangkan karena salah satu persyaratan adalah harus terdaftar sebagai wiyata sebelum tahun 2005.Tetapi tidak ada salahnya jika bapak/ibu guru membuka dan mencoba mendaftar melalui aplikasi SIMPATIKA.
Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018
Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku mulai tahun 2005

Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Madrasah Dalam Jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Guru dapat mengajukan PPG melalui layanan SIMPATIKA. Untuk tahun 2018 pendaftaran PPG melalui SIMPATIKA berlangsung pada tanggal 16 – 26 Mei 2018, berikut syarat agar Guru dapat mengajukan PPG melalui layanan SIMPATIKA :

Memiliki Ijazah D4/S1
Memiliki NPK
Berusia Maksimal 58 Tahun
Guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2005, kecuali :
– Guru pada MAN Insan Cendekia
– Guru Madrasah penyelenggara pendidikan madrasah luar biasa
– Guru Madrasah penyelenggara inklusi

Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018Sebelum masuk ke sistem SIMPATIKA bapak/ibu guru harus mempersiapakn Ijazah asli(bukan foto copy) untuk di upload di sistem SIMPATIKA.Jadi bapak/ibu guru harus sudah memiliki file scan ijazah yang dimiliki.Dan perlu diketahui dalam melakukan scan ijazah ukuran file harus sesuai dengan ketentuan yang ada pada sistem.Tidak boleh terlalu besar serta jangan terlalu kecil.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan jika bapak/ibu guru ingin mengajukan diri mengikuti seleksi PPG Kemenag tahun 2018.

1. Login menggunakan akun Guru melalui layanan http://simpatika.kemenag.go.id/ 
    Silahkan pilih menu PTK/Admin seperti gambar di bawah ini.

2.Pada halaman beranda Guru, pilih menu PPG dalam Jabatan, selanjutnya klik tombol Ajukan PPG.Lihat Gambar panah

Namun jika prayarat tidak terpenuhi, maka pada laman menu PPG dalam Jabatan akan memberikan informasi detil syarat yang belum terpenuhi tersebut. 

3. Jika syarat terpenuhi, setelah Anda klik tombol Ajukan PPG, isikan data ijazah Anda pada kotak dialog yang muncul. Pastikan Anda juga mengunggah scan ijazah Anda. Jika telah sesuai, klik Benar & Lanjut. Untuk Scan ijazah usahakan modelnya harus landskip (tidur) jangan berdiri.

4. Selanjutnya isikan data ajuan Anda. Pastikan data ajuan Anda linier (Linier yang dimaksudkan disini adalah kesesuaian antara program studi pada ijazah S-1/D-IV dengan program studi PPG Dalam Jabatan), jika telah sesuai klik Benar & Lanjut.

5. Cek kesesuaian data yang telah Anda isikan pada laman konfirmasi, jika masih terdapat data yang salah klik tombol Edit Kembali untuk memperbaiki data, namun jika telah sesuai klik Simpan

6. Selanjutnya klik tombol Cetak Surat Ajuan pada kotak dialog yang muncul.

7.Ajuan PPG Anda Telah dikirim, tunggu proses verifikasi persetujuan dari KANWIL setempat dan tetap pantau pada login SIMPATIKA anda. Berikut contoh surat ajuan PPG tersebut.


Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018Jika selesai/berhasil melakukan pendaftaran selanjutya di cetak bukri pengajuan tersebut kemudian diprint out sebagai syarat mengikuti Seleksi PPG Tahun 2018.Materi yang diujikan selama mengikuti PPG lewat sistem CAT adalah Minat dan bakat,tes TPA(Tes Potensi Akademik),Tes bidang Profesional sesuai dengan mapel serta tes Pedagogik.

Berikut ini kami bagikan contoh soal dan pembahasan Tes TPA yang bisa bapak/ibu guru unduh sebagai bahan pembelajaran di rumah.
Demikian materi serta informasi seputar Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018.Semoga petunjuk pada artikel ini bisa membantu memudahkan bapak/ibu guru dalam mengikuti seleksi pendaftaran PPG Tahun 2018.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Pendaftaran PPG Guru Madrasah Melalui Aplikasi SIMPATIKA 2018"

Post a Comment