RPP Satu Lembar Kelas 4 SD/MI Semester 1 KK 2013 Revisi 2020

RPP Satu Lembar Kelas 4 SD/MI Semester 1 KK 2013 Revisi 2020
RPP Satu Lembar Kelas 4 Semester 1 KK 2013 Revisi 2020 ini berfungsi sebagai pedoman bagi guru kelas 4 SD/MI dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan oleh pemerintah.
Guru kelas 4 SD/MI harus memiliki perangkat pembelajaran yang cukup agar dapat menyelenggarakan pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, diantaranya adalah RPP Satu Lembar Kelas 4 Semester 1 KK 2013 Revisi 2020.Pembuatan RPP dan Perangkat pembelajaran lainya digunakan sebagi bukti fisik oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dan memberikan ruang yang cukup.

rpp kelas 4 1 lembar semester 1 kk 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus.
Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas komponen-komponen berikut.
1. Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan.
2. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema.
3. Kelas dan semester.
4. Materi esensial atau pokok.
5. Alokasi waktu.
6. Tujuan pembelajaran.
7. Kompetensi inti.
8. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
9. Materi pembelajaran.
10. Metode pembelajaran.
11. Media pembelajaran.
12. Sumber belajar.
13. Langkah-langkah atau skenario pembelajaran.
14. Penilaian hasil belajar.
Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2019 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan komponen dan Sistematika RPP sebagai berikut.
1. Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan.
2. Tujuan Pembelajaran.
3.Langkah-langkah kegiatan
4. Penilain
Prinsip-prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Di dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1. Perbedaan individual peserta didik, antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik.
2. Partisipasi aktif peserta didik.
3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.
6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar.
7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Surat edaran bernomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran itu memuat empat poin yang terdiri atas:

  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkankomponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya bagi keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat guru dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan sesuai poin 1, 2, dan 3.
Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak, menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dan berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berdasarkan edaran tersebut, bisa saja RPP disusun dengan singkat, bahkan hanya satu halaman saja. Asalkan tetap sesuai dengan prinsip efektif, dan berorientasi pada murid. Pun dengan format penulisan RPP. Guru diberi kebebasan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efektif, dan berorientasi pada murid.

Silahkan bapak/ibu guru unduh RPP Satu Lembar Kelas 4 Semester 1 KK 2013 Revisi 2020 di bawah ini:
Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan
RPP Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku  (unduh)
RPP Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman (unduh)
RPP Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman   (unduh)

Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi
RPP Subtema 1 Sumber Energi  (unduh)
RPP Subtema 2 Manfaat Energi  (unduh)
RPP Subtema 3 Energi Alternatif  (unduh)

Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup
RPP Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku  (unduh)
RPP Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku   (unduh)
RPP Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan  (unduh)

Kelas 4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan
RPP Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan  (unduh)
RPP Subtema 2 Pekerjaan di Sekitarku  (unduh)
RPP Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku (unduh)

Kelas 4 Tema 5 Pahlawanku 
RPP Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan  (unduh)
RPP Subtema 2 Pahlawanku Kebangganku  (unduh)
RPP Subtema 3 Sikap Kepahlawanan (unduh)

Demikian materi terkait dengan RPP  Kelas 6 Satu Lembar Semester 1 SD KK 2013  Edisi Revisi 2020 yang dapat kami bagikan pada kesemptan kali ini.Semoga bermanfaat bagi rekan guru dan bisa dijadikan sebagai bahan rujukan dalam melengkapi administrasi kelas.Silahkan sesuaikan dengan sekolah masing-masing.Ini anya sebagai contoh nya saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Satu Lembar Kelas 4 SD/MI Semester 1 KK 2013 Revisi 2020"

Post a Comment