Petunjuk Teknis Seleksi Penulisan Buku Bacaan Literasi Kemendikbud Tahun 2019

Petunjuk Teknis Seleksi Penulisan Buku Bacaan Literasi Kemendikbud Tahun 2019

Petunjuk Teknis Seleksi Penulisan Buku Bacaan Literasi Kemendikbud Tahun 2019Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai salah satu Unit Utama Kementerian Pendidikan dan kebudayaan mengambil ikhtiar penyediaan bahan bacaan khususnya bagi siswa SD/MI Kelas 1,2, dan 3 serta untuk jenjang PAUD/TK (usia 4-6 tahun).Hal ini dilakukan untuk mendorong praktik baik literasi baca-tulis di sekolah dan dikomunitas pegiat literasi ,sebagai syarat penting dari pembiasaan membaca sebelum jam pelajaran di sekolah dimulai.

Pada tahun 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya dibidang Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa konsentrasi penyediaan buku bacaa literasi berfokus pada jenjang usia dini dan membaca awal bagi siswa kelas 1,2 dan 3 SD/MI .Pola penyediaan buku dilakukan dengan menyeleksi penulis buku agar kompetensi penulis dapat diarahkan secara maksimal untuk menggali dan menuangkan ide dalam menulis buku anak usia dini dan kelas awal.
Petunjuk Teknis Seleksi Penulisan Buku Bacaan Literasi Kemendikbud Tahun 2019
Petunjuk Teknis Seleksi Penulisan Buku Bacaan Literasi Kemendikbud Tahun 2019
Bagi rakn guru atau mahasiswa serta masyarakat umum yang hobi menulis memiliki serta sudah pernah mengarang sebuah buku dan memiiki kemampuan ilustrasi bisa mengikuti kegiatan lomba ini.

Adapun proses seleksi penulis buku bacaa literasi tahun 2019 adalah sebagai berikut:
  • Warga Negara Indonesia(WNI)
  • Memiliki pengalaman didalam penulisan buku bacaan anak SD kelas 1,2 dan 3 atau PAUD(Usia 4-6 tahun)
  • Mengajukan ringkasan naskah buku (maksimal 1 halaman)
  • Memiliki kemampuan ilustrasi.Jika tidak,wajib bekerja sama dengan ilustrator Profesional
  • Panitia akan menyelaksi seluruh calon Penulis
  • Calon penulis yang yang memenuhi kreteria akan dipilih untuk menjadi penulis buku bacaan literasi 2019
  • Penuis terpilih wajib mengikuti serangkaian kegiatan pembuatan buku bacaan literasi 2019
  • Buku bacaa literasi akan dibuat sejumlah 170 buku
  • Satu penulis boleh menulis lebih dari satu buku
  • Satu buku yang ditulis akan dihargai Rp 12.500.000,00 (dipotong pajak)
  • Buku yang ditulis menjadi hak cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Informasi pendaftaran dan Pengumuman Penulis Terpilih
  1. Calon Penulis yang ingin mengikuti seleksi harus mengirimikan hal sebagai berikut:
  • Fc.KTP/Kartu Pelajar
  • Biodata(Formulir terlampir)
  • Satu contoh buku bacaan untuk jenjang SD Kelas 1,2 dan 3 atau PAUD(usia 4-6 tahun) yang sudah dipublikasikan
  • ringkasan naskah buku (tanpa ilustrasi) dengan ketentuan
          -Jumlah halaman : 1 halaman
          - ukuran kertas : A4
          - pias kana,kiri,atas,dan bawah 2 cm
          - ukuran huruf 12 pt
          - dilengkapi dengan judul buku,tema,fokus karakter,dan nama penulis
  • contoh ilustrasi atau gambar (berwarna) yang pernah dibuat oleh calon ilustrator dan emncantumakn identitas ilustrator.
  • surat pernyataan keaslian naskah dan bersedia mengikuti rangkaian kegiatan 
  2. Seluruh syarat tersebut dibuat lima rangkap

Bagi rekan guru yng memiliki bakat serta ingin mengajukan sebagai penulsi buku baac literasi bagi siswa kelas 1,2 dan 3 atau PAUD(usia4-6 tahun) bisa mengunduh file juknis penulisan buku bacaan literasi di bawah ini secara lengkap.Pad juknis ini juga disebutkan tema serta jadwal kegiatan penulisan buku bacaan literasi.Silahkan unduh filenya di bawah ini.

atau

Demikian informasi terkait dengan Petunjuk Teknis Seleksi Penulisan Buku Bacaan Literasi Kemendikbud Tahun 2019  untuk membaca awal kelas 1,2 dan 3 SD/MI serta untuk PAUD(usia 4-6 tahun).Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menambah motivasi bagi rekan guru dalam mengeksplorasi diri untuk terus berkarya demi kemajuan pendidikan di Indonesia semakin baik.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Petunjuk Teknis Seleksi Penulisan Buku Bacaan Literasi Kemendikbud Tahun 2019"

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    ReplyDelete