PANDUAN PENYUSUNAN SOAL USBN TAHUN 2018

PANDUAN PENYUSUNAN SOAL USBN TAHUN 2018


Panduan Penyusunan Soal USBN Tahun 2018.- Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumupulan informasi/data tentang capaian hasil belajar peserta didik.Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik,satuan pendidik serta pemerintah.Penilaian hasil belajar oleh pendidik(guru) dilakukan utuk membanntu proses ,kemajuan belajar melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih kompetensi Dasar.
Download Panduan Penyusunan Soal USBN Tahun 2018
Panduan Penyusunan Soal USBN Tahun 2018
Silahkan Baca juga:
  1. POS UJIAN NASIONAL SD SMP SMA TAHUN 2018
  2. Soal Latihan Try Out Matematika IPA dan Bahasa indonesia Kelas 6 SD/MI
  3. Soal Ulangan Harian Kelas 6 SD/MI 
  4. Ringkasan materi IPA Kelas 4,5 dan 6 SD/MI Persiapan USBN 2018

Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu Satuan Pendidikan dilakukan melalui ujian sekolah/madrasah. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah dilakukan dalam bentuk Ujian Nasional (UN) dan/atau bentuk lain dalam rangka pengendalian mutu pendidikan.

Panduan Penyusunan Soal USBN Tahun 2018.- Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah ujian akhir dari satuan pendidikan yang berstandar nasional. Oleh karena hasil USBN menentukan kelulusan dari satuan pendidikan maka soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik sehingga dapat memberikan informasi yang valid dan objektif. 

Soal ujian yang kurang baik memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian siswa sehingga dapat merugikan siswa dan memberikan informasi yang tidak tepat atau menyesatkan untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan. Dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. 

Panduan Penyusunan Soal USBN Tahun 2018.- Instrumen penilaian yang berkualitas merupakan faktor penting dalam pelaksanaan penilaian. Oleh karena itu, kemampuaan guru dalam mengembangkan instrumen penilaian perlu terus menerus ditingkatkan agar informasi yang diperoleh dari hasil penilaian dapat dipertanggungjawabkan. Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan instrumen penilaian, Pusat Penilaian Pendidikan menyusun panduan pengembangan instrumen penilaian khususnya untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional

Bagi rekan guru yang ingin mengunduh Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional(USBN) tahun 2018,kami persilahkan download di bawah ini:

atau

Silahkan Baca juga:
  1. Sistematika Penulisan PTK terbaru 
  2. Model Penelitian Tindakan Kelas
  3. Surat Mandat dan Ijin mengikuti kegiatan Pramuka

Berikut ini kami bagikan juga Kumpulan soal-soal Try Out SMP/MTs bisa unduh lewat link yang sudah di sediakan di bawah ini:
  1. Soal Try Out Matematika .pdf
  2. Soal Try Out Bahasa Indonesia.pdf
  3. Soal Try OutIpa Fisika.pdf
  4. Soal Try Out bahasa inggris.pdf
Demikian materi seputar Panduan Penyusunan Soal USBN Tahun 2018 yang dapat kami bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga dengan membaca buku Panduan tersebut bapak/ibu guru bisa berlatih dalam pembuatan soal-soal USBN serta dapat merakit soal dengan baik dan benar serta bisa dipertanggungjawabkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN PENYUSUNAN SOAL USBN TAHUN 2018"

Post a Comment