Teknik Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 SD SMP dan SMA
Monday, October 23, 2017
administrasi kepala sekolah,
aplikasi penilaian kurikulum 2013,
buku panduan pramuka,
buku pegangan siswa,
format administrasi guru,
lagu nasional,
petunjuk teknis
Edit
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Edukasi Indonesia,
Selamat malam sahabat guru serta rekan tenaga kependidikan yang ada di seluruh nusantara.Selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya di blog filecatatanguru.blogspot.com.Pada kesempatan malam ini saya akan berbagi mater seputar Teknik penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 SD SMP dan SMA tahun pelajaran 2017/2018.
Penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagai teknik, diantaranya adalah dengan menggunakan teknik tes tertulis. Salah satu bagian yang sangat penting agar soal yang disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran adalah dengan menyusun kisi-kisi soal.
Salam Edukasi Indonesia,
Teknik Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 SD SMP dan SMA |
Selamat malam sahabat guru serta rekan tenaga kependidikan yang ada di seluruh nusantara.Selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya di blog filecatatanguru.blogspot.com.Pada kesempatan malam ini saya akan berbagi mater seputar Teknik penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 SD SMP dan SMA tahun pelajaran 2017/2018.
Penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagai teknik, diantaranya adalah dengan menggunakan teknik tes tertulis. Salah satu bagian yang sangat penting agar soal yang disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran adalah dengan menyusun kisi-kisi soal.
baca juga : Aplikasi Nilai UTS/UUS dan Rapot Kurikulum 2013
Kisi-kisi (test blue print atau table of specification) merupakan deskripsi mengenai ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan. Kisi-kisi merupakan spesifikasi yang berisi kriteria soal yang akan ditulis yang meliputi antara lain Kompetensi Dasar(KD) yang akan diukur, materi, indikator soal, bentuk soal, dan jumlah soal.
Kisi-kisi disusun untuk memastikan butir-butir soal mewakili apa yang seharusnya diukur secara proporsional. Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif dengan kecakapan berfikir tingkat rendah hingga tinggi akan terwakili secara memadai.
Syarat-syarat kisi-kisi yang baik adalah :
- Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan
- Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami
- Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan Indikator dan bentuk yang yang ditetapkan
Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan tekanan tes yang setepat-tepatnya, sehingga dapat menjadi petunjuk dalam menulis soal. Adapun wujudnya dapat berbentuk format atau matriks.
Berikut ini contoh format kisi-kisi soal tes pengetahuan yang kami kutip dari Buku "Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk SMP" yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen Kemdikbud tahun 2016.
Baca juga : Petunjuk Teknis Penilaian Kurikulum 2013 tingkat SMP revisi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jumlah soal
|
Agar soal yang kita buat sebarannya merata, tidak bertumpuk pada satu atau beberapa KD sedangkan KD yang lain tidak terwakili, sebaiknya kita membuat peta Penentuan dan Penyebaran Soal, sepeerti contoh format berikut ini
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Jumlah Soal Tes tulis
|
Jumlah Soal Praktik
| |
PG
|
Uraian
| ||||
1
|
1.1 ……..
| ||||
2
|
1.2 …….
| ||||
3
|
1. 3 ……
| ||||
4
| |||||
5
| |||||
6
| |||||
7
| |||||
8
|
dst
|
Indikator soal
Indikator merupakan rumusan pernyataan sebagai bentuk ukuran spesifik yang menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar dengan menggunakan kata kerja operasional (KKO). Dalam praktiknya, penggunaan kata kerja operasional untuk setiap indikator harus disesuaikan dengan domain dan jenjang kemampuan yang diukur.
Ranah kognitif yang dikembangkan Benjamin S. Bloom adalah:
- Ingatan di antaranya seperti: menyebutkan, menentukan, menunjukkan, mengingat kembali, mendefinisikan;
- Pemahaman di antaranya seperti:membedakan, mengubah, memberi contoh, memperkirakan, mengambil kesimpulan;
- Penerapan di antaranya seperti: menggunakan, menerapkan;
- Analisis di antaranya seperti: membandingkan, mengklasifikasikan, mengkategorikan, menganalisis;
- Sintesis antaranya seperti: menghubungkan, mengembangkan, mengorganisasikan, menyusun;
- Evaluasi di antaranya seperti: menafsirkan, menilai, memutuskan.
Jenis perilaku yang dikembangkan Robert M. Gagne
- kemampuan intelektual: diskriminasi, identifikasi/konsep yang nyata, klasifikasi, demonstrasi, generalisasi/menghasilkan sesuatu;
- strategi kognitif: menghasilkan suatu pemecahan;
- informasi verbal: menyatakan sesuatu secara oral;
- keterampilan motorist melaksanakan/menjalankan sesuatu;
- sikap: kemampuan untuk memilih sesuatu
Keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund
- Membandingkano Apa persamaan dan perbedaan antara ... dan...o Bandingkan dua cara berikut tentang ....
- Hubungan sebab-akibato Apa penyebab utama ...o Apa akibat …
- Memberi alasan (justifying)o Manakah pilihan berikut yang kamu pilih, mengapa?o Jelaskan mengapa kamu setuju/tidak setuju dengan pernyataan tentang ....
- Meringkaso Tuliskan pernyataan penting yang termasuk ...o Ringkaslah dengan tepat isi …
- Menyimpulkano Susunlah beberapa kesimpulan yang berasal dari data ....o Tulislah sebuah pernyataan yang dapat menjelaskan peristiwa berikut ....
- Berpendapat (inferring)o Berdasarkan ..., apa yang akan terjadi bilao Apa reaksi A terhadap …
- Mengelompokkano Kelompokkan hal berikut berdasarkan ....o Apakah hal berikut memiliki ...
- Menciptakano Tuliskan beberapa cara sesuai dengan ide Anda tentang ....o Lengkapilah cerita ... tentang apa yang akan terjadi bila ....
- Menerapkano Selesaikan hal berikut dengan menggunakan kaidah ....o Tuliskan ... dengan menggunakan pedoman....
- Analisiso Manakah penulisan yang salah pada paragraf ....o Daftar dan beri alasan singkat tentang ciri utama ....
- Sintesiso Tuliskan satu rencana untuk pembuktian ...o Tuliskan sebuah laporan ...
- Evaluasio Apakah kelebihan dan kelemahan ....o Berdasarkan kriteria ..., tuliskanlah evaluasi tentang...
Perumusan Indikator Soal
- menggunakan kata kerja operasional (perilaku khusus) yang tepat,
- menggunakan satu kata kerja operasional untuk soal objektif, dan satu atau lebih kata kerja operasional untuk soal uraian/tes perbuatan,
- dapat dibuatkan soal atau pengecohnya (untuk soal pilihan ganda).
Selanjutnya Penulisan indikator yang lengkap, harus memenuhi komponen-komponen sebagai berikut :
A = audience (peserta didik) ,
B = behaviour (perilaku yang harus ditampilkan),
C = condition (kondisi yang diberikan),
D = degree (tingkatan yang diharapkan).
Model penulisan indikator
- menempatkan kondisinya di awal kalimatContoh model pertama untuk soal menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Indikator: Diperdengarkan sebuah pernyataan pendek dengan topik "belajar mandiri", peserta didik dapat menentukan dengan tepat pernyataan yang sama artinya.Soal : (Soal dibacakan atau diperdengarkan hanya satu kali, kemudian peserta didik memilih dengan tepat satu pernyataan yang sama artinya.Soalnya adalah: "Hari harus masuk kelas pukul 7.00., tetapi dia datang pukul 8.00 pagi hari.") Lembar tes hanya berisi pilihan seperti berikut:a. Hari masuk kelas tepat waktu pagi ini.b. Hari masuk kelas terlambat dua jam pagi inic. Hari masuk Kelas terlambat siang hari ini,d. Hari masuk Kelas terlambat satu jam hari iniKunci: d
- menempatkan peserta didik dan perilaku yang harus ditampilkan di awal kalimatContoh model keduaIndikator: Peserta didik dapat menentukan dengan tepat penulisan tanda baca pada nilai uang.Soal : Penulisan nilai uang yang benar adalah ....a. Rp 125,-b. RP 125,00c. Rp125d. Rp125.Kunci: b
- Demikian materi seputar Petujuk teknis Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 untuk jenjang SD,SMP dan SMA tahun pelajaran 2017/2018.Semoga bermanfaat
0 Response to "Teknik Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 SD SMP dan SMA"
Post a Comment