Aplikasi Nilai Laporan UTS dan UUS Kurikulum 2013 SD/MI
Monday, October 2, 2017
aplikasi excel,
lagu anak,
lagu pramuka,
materi pramuka siaga,
media pembelajaran,
palikasi penilaian kurikulum 2013,
RPP Kurikulum 2013,
sd/mi,
tunjangan sertifikasi
Edit
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Edukasi Indonesia,
Selamat malam sahabat guru serta rekan tenaga kependidikan yang ada di seluruh nusantara.Selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya di blog filecatatanguru.blogspot.com.Pada kesempatan malam ini saya akan berbagi materi seputar Aplikasi Nilai UTS dan UUS SD/MI Kelas 1 -6 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.
Berikut ini saya bagikan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi terbaru yang sudah sesuai dengan Permendikbud RI No. 53 Tahun 2015 dan Permendikbud RI No. 23 Tahun 2016 untuk jenjang SD. (untuk jenjang SMP di sini sedangkan untuk SMA dan SMK di sini.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk memeroleh data dan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian juga digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dan perbaikan proses pembelajaran.
Dalam pelaksanaanya, kegiatan penilaian proses (formatif) dan hasil belajar (sumatif) berdasarkan Kurikulum 2013 pada tingkat SD sebagian pendidik (guru) merasakan penilaian sebagai beban terutama dalam hal melakukan teknik dan prosedur, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian. Pendidik mengharapkan penilaian hasil belajar dalam Kurikulum 2013 sederhana dan mudah dilaksanakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan pendidik agar penilaian lebih bermakna dan implementatif dalam merencanakan, melaksanakan, mengolah, melaporkan hasil penilaian.
baca juga : RPP dan Silabus kurikulum 2013 kelas 1-6 SD/MI
Kompetensi dan Teknik PenilaianPenilaian di SD untuk semua kompetensi dasar yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler, yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan, sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku sesuai budipekerti dalam rangka pembentukan karakter peserta
didik sesuai dengan proses pembelajaran.
a. Sikap spiritual
Penilaian sikap spiritual (KI-1), antara lain:
(1) Ketaatan beribadah;
(2) Berperilaku syukur;
(3) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan; dan
(4) Toleransi dalam beribadah. Sikap spiritual tersebut dapat ditambah sesuai karakteristik satuan pendidikan.
b. Sikap Sosial
Penilaian sikap sosial (KI-2) meliputi:
(1) jujur yaitu perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan;
(2) disiplin yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan;
(3) tanggung jawab yaitu sikap dan perilaku peserta didik untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara, dan Tuhan Yang Maha Esa;
(4) santun yaitu perilaku hormat pada orang lain dengan bahasa yang baik;
(5) peduli yaitu sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain atau masyarakat yang membutuhkan; dan
(6) percaya diri yaitu suatu keyakinan atas kemampuannya sendiri untuk melakukan kegiatan atau tindakan. Sikap sosial tersebut dapat ditambah oleh satuan pendidikan sesuai kebutuhan.
c. Teknik penilaian Sikap
Penilaian sikap di sekolah dasar dilakukan oleh guru kelas, guru muatan pelajaran agama, PJOK, dan pembina ekstrakurikuler. Teknik penilaian yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertent (incidental record) sebagai unsur penilaian utama.
Sedangkan teknik penilaian diri dan penilaian antar-teman dapat dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter peserta didik, sehingga hasilnya dapat dijadikan sebagai salah satu alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar (assesment as learning), penilaian sebagai proses pembelajaran (assessment for learning), dan penilaian.
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan dengan mengidentifikasi karateristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek, atau portofolio. Penentuan teknik penilaian didasarkan pada karakteristik kompetensi keterampilan yang hendak diukur.
Penilaian keterampilan dimaksudkan untuk mengetahui penguasaan pengetahuan peserta didik dapat digunakan untuk mengenal dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sesungguhnya (dunia nyata).
Penilaian pengetahuan dan keterampilan menggunakan angka dengan rentangskor 0 sampai dengan 100 dan deskripsi. Sedangkan untuk Nilai akhir semester dilengkapi dengan predikat dengan ketentuan :
86 – 100 = Sangat Baik (A)
76 – 86 = Baik (B)
56 – 75 = Cukup (C)
≤ 55 = Kurang (D)
Bagi rekan guru yang sekolahnya sudah melaksanakan pembelajaran Kurikulum 2013,silahkan download aplikasi penialain kurikulum 2013 untuk UTS dan UUS terbaru revisi 2017 di bawah ini:
- Format daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1
- Format daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 2
- Format daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 3
- Format daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 4
- Format daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 5
- Format daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 6
Baca juga : Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD/MI tahun 2017/2018
Demikian materi seputar Apliaksi penilain UTS dan UUS Kurikulum 2013 untuk jenjang SD/MI terbaru tahun 2017/2018.Semoga apliaksi penilaian tersebut sesuai dengan harapan bapak/ibu guru di sekolah.Silahakn kembangkan sendiri dan sesuaikan identitas sekolah dan guru.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
0 Response to "Aplikasi Nilai Laporan UTS dan UUS Kurikulum 2013 SD/MI"
Post a Comment