Aplikasi rapor SMP Kurikulum 2013

Aplikasi rapor SMP Kurikulum 2013 ini desainnya sederhana, sehingga memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam melakukan pengisian data.Bapak/Ibu hanya diminta untuk menginput data pokok yang diperlukan dalam penilaian hasil belajar (nilai UH, PTS, PAS, dan Keterampilan).Untuk biodata rapor peserta didik, Bapak/Ibu Guru dapat mengambil data dari Kartu Keluarga (KK) dan ijazah SD yang dimiliki peserta didik.
Nilai akhir (aspek pengetahuan dan keterampilan) serta rumusan deskripsi akan muncul secara otomatis, setelah Bapak/Ibu Guru menginput nilai.Rumusan deskripsi sesuai buku petunjuk yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan).
Semakin banyak nilai yang di entry, semakin variatif deskripsi yang muncul. Tidak ada deskripsi yang sama meskipun nilai raportnya sama, jika memang nilai hariannya berbeda.Selain itu, penentuan Interval Nilai Otomatis berdasarkan KKM yang ditentukan sekolah, baik yang mengacu KKM Tunggal maupun KKM Banyak (multi KKM).
Bapak/Ibu Guru juga dapat menginput nilai ekstrakurikuler, prestasi, dan catatan wali kelas secara lebih mudah dan variatif.Leger dan ranking peserta didik secara otomatis akan muncul setelah Bapak/Ibu selesai menginput  nilai untuk seluruh mata pelajaran.
Di dalam Lembar Hasil Belajar (LBH), nilai mata pelajaran akan terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok A dan kelompk B.
Kelompok A terdiri dari mata pelajaran berikut.
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Bahasa inggris
Kelompok B terdiri dari mata pelajaran berikut.
1. Seni Budaya
2. Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3. Prakarya
4. Bahasa Daerah
Silahkan bapak/ibu guru unduh Aplikasi Rapor SMP Kurikulum 2013 di bawah ini
atau
Silahkan unduh juga artikel terkait di bawah ini mungkin para guru ada yang membutuhkan:

  1. Cetak Kartu Identitas Guru dengan Program excel
  2. Aplikasi Excel Perpustakaan Sekolah lengkap dengan petunjuknya
  3. BUKU PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 SMP TAHUN 2017

Demikian materi terkait dengan aplikasi Rapor SMP Kurikulum 2013.Semoga dengan adanya aplikasi tersebut bisa membantu meringankan beban kerja guru dalam pengisian rapor SMP Kurikulum 2013.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi rapor SMP Kurikulum 2013"

Post a Comment